MASYARAKAT DESA NUSA JAYA DUSUN 3 GELAR SELAMETAN BULAN SURO


OKUT, Infodesanasional.id - Masyarakat RT 001 RW 003 Desa Nusa Jaya Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, menggelar acara selamatan atau kenduri.

selamatan ini digelar untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta para leluhur dengan datangnya malam bulan suro atau muharram, Sabtu (6/7/2024) petang.

Ketua RW 003 Desa Nusa Jaya mengatakan, acara seperti ini sudah dilakukan sejak dulu pada setiap tahunya. 

hal ini terus dilakukan bukan tanpa alasan. 

pasalnya, kenduri atau yang lebih disebut kajatan bagi orang jawa, diibaratkan sudah mendarah daging, serta tradisi yang dibalut dengan kearifan lokal.

Dengan terus dilakukanya tradisi ini, dirinya mengharapkan, dalam kehidupan kedepan selalu diberi keselamatan, serta keberkahan dari sang maha pencipta. 

"semoga tidak ada halangan suatu apapun dalam menjalani kehidupan kedepan, serta kita selalu diberikan keberkahan dalam kehidupan," ucapnya.

warga diajaknya untuk bersama sama melantunkan bacaan do'a dari berbagai lintas agama untuk mengucap rasa syukur kepada leluhur dan sang maha pencipta.

"kita bersama mendoakan leluhur leluhur kita yang terdahulu semoga diterangkan jalanya menuju syurga," tegasnya.

Acara seperti ini juga diibaratkan sebagi ladang sedekah, karena setiap warga menyiapkan makanan apapun bentuknya, untuk dimakan seluruh warga khususnya warga RT 1 RW 3 Desa Nusa Jaya. 

"ini seperti memberi sedekah supaya mendapat ridho dari Tuhan Semesta Alam, dan semoga amal kita bisa dibalas dengan panjang umur, rezeki yang halal, dan barokah," TutupnyaTutupnya. (reno) 

Post a Comment for "MASYARAKAT DESA NUSA JAYA DUSUN 3 GELAR SELAMETAN BULAN SURO"