Kesenian Reog,Ramaikan Acara bersih Desa(Nyadran).Masih Dilestarikan Di Dusun ingasrejo Beran,ngawi


NGAWI, Infodesanasional.id - Pagelaran kesenian reog digelar untuk memeriahkan serangkaian acara bersih desa di Kelurahan Beran,Dusun ingasrejo Kecamatan Ngawi, Jumat (05/07/2024). Dalam gelaran bersih desa ini, warga lebih dulu memadati area punden atau sendang  untuk melaksanakan doa bersama dengan membawa hasil sedekah bumi. Setelah melaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa, dilanjutkan kirab  reog mengelilingi wilayah Dusun ingasrejo.

Dalam kesempatan ini, Agus Supriyadi S.Sos selaku Lurah Beran mengatakan bahwa acara bersih desa ini merupakan tradisi masyarakat Dusun ingasrejo yang setiap tahun dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur, dihindarkan dari segala bencana, serta melestarikan warisan budaya nenek moyang Dusun ingasrejo yang Dulu sempat Hilang, Alhamdulillah sekarang diadakan Rutin kembali setiap tahunya . Semoga masyarakat dusun ingasrejo selalu menjaga tradisi dari leluhur dan masyarakat Kelurahan Beran tetap cinta melestarikan budaya Indonesia,” ujarnya.


Adapun rangkaian kegiatan bersih desa ini diawali dengan pengajian umum, yang dilaksanakan malam hari sebelumnya, selanjutnya kirab  reog bersama warga dan seluruh elemen warga Beran .”Saya mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Kelurahan Beran serta seluruh elemen warga dusun ingasrejo yang sudah berjibaku bersama membangun kebersamaan sampai terselengaranya acara ini,” pungkas Agus.

Setelah doa dan selamatan selesai, acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni tari reog yang berkeliling lingkungan ingasrejo Penampilan reog, yang merupakan salah satu kesenian tradisional khas jawa timur menjadi daya tarik utama dalam acara ini. Dengan  iringan musik gamelan yang energik dan penampilan atraktif dari para penari yang mengenakan topeng besar berbentuk kepala singa (barongan) serta kostum yang berwarna-warni, pertunjukan ini berhasil memukau seluruh penonton.(adi) 

Post a Comment for "Kesenian Reog,Ramaikan Acara bersih Desa(Nyadran).Masih Dilestarikan Di Dusun ingasrejo Beran,ngawi "