Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ngawi Memeriahkan perayaan Gebyar Bumdesma DAPM di Kecamatan Pitu


Ngawi,infodesanasional - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Ngawi menggelar Pameran Gebyar Badan Usaha Milik Desa Bersama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (Bumdes DAPM)  dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun 2024. Pameran ini dilaksanakan di halaman kantor kecamatan Pitu, dengan mengusung tema Wujudkan Perekonomian Semakin Meningkat; pada Jumat (20/07/24).

 Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemberian santunan BPJS Tenaga Kerja bagi pengurus yg telah meninggal dan juga pemasangan batu pertama untuk pembangunan gedung Aula Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengapresiasi kegiatan ini untuk komitmen menjaga amanah berupa aset dan ATM Bank bumdesma DAPM  dari tahun 2019 sebelum pandemi pertama kali digelar di Kedunggalar, waktu itu terkumpul 80 Milyar dan setelah di kelola simpan pinjam menjadi 97 milyar, total kenaikan 17 Milyar.


"Setiap tahunnya mengalami penambahan, semoga terus berkembang dan meningkat sehingga Bumdesma DAPM mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di masing-masing kecamatan," Ungkap Ony Anwar Harsono

Kemudahan investasi dengan lembaga ditingkat desa dan kecematan saat ini, menurut Ony Anwar sudah terbuka lebar, yang memungkinkan badan usaha berbadan hukum dapat mengajukan sertifikasi pupuk supaya mendapatkan ijin edar.

"Hal-hal semacam ini perlu ditangkap sebagai peluang, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan permodalan," tandasnya.


Bupati Ngawi juga berpesan agar kegiatan usaha BUMDESMA / BUMDesa juga berorientasi pada sektor riil bidang pertanian khususnya dalam rangka memasifkan kegiatan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan.

Selain itu, Bupati Ony juga menargetkan dengan ekonomi kreatif Bumdesma DAPM mampu mengatasi permasalahan di masyarakat; seperti contohnya Bumdesma Mengelola bidang pertanian, mengelola kegiatan bagaimana mencukupi kebutuhan sembako di masing-masing desa.

"Dinas PMD harus terus mengawasi dan rutin melakukan rakor serta mengevaluasi, Sehingga azaz kebermanfaatanya berguna bagi keberlangsungan masyarakat," pungkasnya.(adi) 

Post a Comment for "Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ngawi Memeriahkan perayaan Gebyar Bumdesma DAPM di Kecamatan Pitu"