Menteri PAN-RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Ngawi


NGAWI, Infodesanasional.id- mewujudkan komitmennya dalam memberikan kemudahan kepada warganya mengakses layanan publik, salah satunya dengan keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP).

Guna mewujudkan akselerasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas secara langsung meresmikan MPP Ngawi yang berlokasi strategis di tengah kawasan kota atau dekat simpang empat Kartonyono Ngawi

Usai meresmikan MPP Ngawi dan melihat langsung aktivitas sejumlah pelayanannya, Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Ngawi yang mengintegrasikan Mall Pelayanan Publik dengan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). 


"Tidak banyak Mall Pelayanan Publik di Indonesia yang diintegrasikan dengan UMKM seperti di Ngawi. Saya datang juga senang karena MPP Ngawi tempatnya representatif berada di tengah kota dan sudah lama soft launching, sehingga ketika saya datang tidak harus disiapkan. Kendati ada kekurangan maupun kelebihan bisa dilakukan perbaikan kedepannya," terangnya.

Lebih lanjut Menteri PAN-RB menjelaskan bahwa MPP Ngawi lahir sebagai salah satu model intervensi dan terobosan Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik yang lebih modern, efisien, dan profesional.

“Pelayan publik sekarang telah diintegrasikan dalam sebuah sistem online dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada di sebuah pemerintah daerah ke dalam satu tempat," jelasnya. 

Mantan Bupati Kabupaten Banyuwangi itu juga menegaskan kedepannya sistem layanan publik akan dilaksanakan secara online. Hal itu guna mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam. 


Sementara itu Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang mendampingi Menteri PAN-RB menjelaskan awal soft launching, Mall Pelayanan Publik Ngawi hanya ditempati 20 instansi dengan 60 jenis pelayanan. Namun, berkat koordinasi dengan lintas sektor kini telah bergabung 39 instansi, baik dari Pemerintah Kabupaten Ngawi maupun instansi vertikal dengan 152 layanan

"Ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Ngawi guna memastikan layanan kepada masyarakat yang cepat, efektif, efisien, transparan dan tentunya mewujudkan nilai aparatur sipil negara yang semakin baik setiap harinya," jelas Ony Anwar Harsono. 

Bupati Ngawi dalam kesempatan itu juga menyampaikan jika bangunan MPP Ngawi terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar sebagai tempat pameran dan jualan produk unggulan UMKM dari Dekranasda, PPK, Bumdesma maupun petani milenial Kabupaten Ngawi. Untuk lantai satu menjadi pusat layanan publik, diantaranya layanan kependudukan catatan sipil, BPJS, pajak, imigrasi dan lainnya. Sedangkan di lantai dua sebagai coffee shop untuk ajang kepiawaiannya barista meracik minuman kopi. 

"Pemerintah Kabupaten Ngawi kini juga telah mengintegrasikan 180 aplikasi menjadi 60 aplikasi dan kita targetkan kedepannya menjadi 10 aplikasi layanan agar lebih ringkas dan permudah masyarakat dalam akses layanan publik secara online," ucapnya.(adi) 

Post a Comment for "Menteri PAN-RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Ngawi "