Sumantri : Carilah Pemimpin Yang Humble Leadership dan Peduli Dengan Insan Pers


Banyuasin,Infodesanasional.id -- Pemimpin yang hebat adalah yang peduli dengan orang yang dipimpin, baik bagi staff dan jajarannya, peduli pada semua elemen masyarakat diwilayah kekuasaannya hingga peduli dengan insan pers dan Media khususnya yang melakukan tugas diwilayahnya tersebut.

Bagi saya sebagai Owner salah satu media Cetak dan Elektronik ujar Sumantri, pemimpin disini maksudnya pemimpin disuatu daerah, misalkan seorang Bupati yang peduli bukan saja dengan perkataan manis saja, namun dibuktikan dengan tindakan nyata. Dekat secara personal dengan masyarakat dan kita sebagai insan pers didaerah tersebut, katanya ketika dihubungi awak media, Kamis 23 Mei 2024 lalu.

Lanjut Sumantri, berhubung saya berprofesi sebagai salah satu Insan Pers di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, jadi saya bicara mengenai seorang pemimpin yang peduli dengan kawan kawan wartawan dan pemilik Media khususnya yang menjalankan profesi tersebut di Bumi Sedulang Setudung ini. 

Disini saya mengajak kawan kawan baik wartawan maupun pemilik Media baik cetak maupun online agar memilih pemimpin seperti Bupati dan Wakil Bupati yang peduli dengan insan pers, artinya anggaran di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) ditingkatkan. 

"Kalau anggaran ditingkatkan Insya Allah kesejahteraan kita semua (insan pers) dapat meningkat pula" harapnya.

Lalu bagaimana cara kita sebagai Insan Pers untuk memilih pemimpin yang peduli ? yang jelas pemimpin tersebut secara personal dekat dengan insan pers dan berkomitmen. 

"Karena Pemimpin yang hebat itu peduli dengan cara menunjukkan ketertarikannya pada aspek yang berhubungan dengan pekerjaan kita, dan janganlah kita memilih seorang pemimpin yang elergi dengan profesi kita, apalagi sangat sulit untuk diajak komunikasi tentujasa itu bukan tife pemimpin yang kita harapkan"

Menurut saya sebagai insan pers, pemimpin yang baik itu memiliki beberapa karakter dan berjiwa kepemimpinan yang tinggi seperti berwawasan (cerdas), bertanggung jawab, jujur, dapat dipercaya artinya tidak berhianat kepada semua yang dipimpinnya, inisiatif, 

"konsisten serta tegas dan lugas karena menurut saya karakter inilah kunci penentu dalam keberhasilan dalam memimpin yang adil kepada masyarakat dan juga bagi kita sebagai insan pers didalamnya"ucap Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Banyuasin 2 periode tersebut.

"Kemudian kita harus memilih pemimpin yang Humble Leadership artinya mempunyai kedekatan dengan pemimpin tersebut. Seperti bersikap rendah hati, kerendahan diri, dan kemampuan untuk mendengarkan dan belajar dari orang lain. 

"Pemimpin yang menerapkan konsep ini tidak hanya fokus pada kepentingan diri sendiri, kepentingan keluarga dan orang orang terdekat. Juga menghargai kontribusi dan perspektif orang lain dalam tim atau organisasi seperti organisasi Media" tegas Sumantri.

Selain itu, Humble Leadership juga melibatkan komitmen untuk melayani orang lain, memposisikan kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi, dan fokus pada keberhasilan kolektif. Pemimpin yang rendah hati memiliki kesadaran diri yang tinggi dan mampu memanfaatkan keahlian dan kekuatan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. 

Dengan demikian, humble leadership merupakan pendekatan yang efektif dalam memotivasi, menginspirasi, dan memimpin tim menuju kesuksesan bersama.

"Penting juga bagi kita sebagai Insan Pers harus memilih seorang pemimpin yang empatik memiliki kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan, kebutuhan kita dan perspektif orang lain.  Dia (Pemimpin) selalu ada waktu dan ruang untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan mengerti sudut pandang kita sebagai Media baik cetak maupun online khususnya yang aktif menjalankan profesi seperti kita-kita ini.

"Mmendengarkan aspirasi, kekhawatiran, atau masalah yang kita dihadapi, memperlihatkan empati, pemimpin tersebut dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan memotivasi anggota tim untuk berkolaborasi secara lebih efektif,"tukasnya.

"Nah, pada Pilkada 27 November 2024 mendatang di Kabupaten Banyuasin yang kita cintai ini, sekarang ada dua kandidat Bakal Calon Bupati Kabupaten Banyuasin yakni bapak H Askolani Jasi SH MH dan Pakde H Slamet Somosentono SH. 

Kedua kandidat Balon Bupati Banyuasin tersebut merupakan putra terbaik yang dimiliki Kabupaten Banyuasin dan periode sebelumnya kedua kandidat tersebut pernah menerima Penghargaan SAHABAT PERS dari SMSI Kabupaten Banyuasin. Artinya keduanya memenuhi kriteria dan dekat dengan insan pers khususnya yang tergabung dalam SMSI Banyuasin.

"jadi, siapakah diantara kedua kandidat tersebut, siapakah yang layak dan sesuai yang bakal kita dukung, jawabnya ada didalam hati kiita masing-masing? tutup Sumantri, SMSI Banyuasin.

Pewarta: Junaidi

Post a Comment for "Sumantri : Carilah Pemimpin Yang Humble Leadership dan Peduli Dengan Insan Pers"