Pemerintah Desa Tungkul Rejo Bersama Lapisan Masyarakat Adakan Kegiatan Bersih Desa/Nyadranan


NGAWI, - Infodesanasional.id - Pemerintah Desa Tungkul Rejo, Dusun Tungkul Rejo, talah mengadakan acara Nyadran dan Bersih Dusun kegiatan dilaksanakan pada hari Jum'at 24 Mei 2024, Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga Desa Tungkul Rejo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur, 24-5-2024.

Dengan semangat sayuk rukun rahayu, warga masyarakat Desa Tungkul Rejo berbondong bondong untuk ikut hadir berkumpul di tempat yang telah disiapkan panitia untuk melaksanakan acara nyadran ini.

Terpantau oleh awak media Infodesanasional.id bahwa kegiatan tersebut telah di siapkan sejak pagi hari, oleh segenap panitia, sesepuh yang akan memandu adat istiadat jalannya budaya Jawa, yang perlu di lestarikan bersama, mulai dari Hiasan tradisional, peralatan pembersihan, hingga persiapan makanan, minuman untuk sehabis acara nyadranan.


Kegiatan di mulai Pukul 13.00 wib, sebelum acara yang sakral dimulailah dengan ritual Nyadran, acara dipimpin oleh Sesepuh dusun yang memahami adat istiadat jalannya ritual, dan di saksikan oleh para warga yang berkumpul di tempat yang telah ditentukan.

Sedagkan masyarakat yang hadir terpantau oleh awak media mereka sambil membawa tumpeng dan sesaji, dari rumah mereka masing masing, dan di pandu oleh tokoh adat atau sesepuh mereka berdoa dan memohon restu kepada Tuhan YME serta memohon keselamatan serta kemakmuran bagi seluruh warga dusun  Desa Tungkul Rejo. 

Menurut Sriono Selaku Kepala Desa Tungkul Rejo, Tasyakuran bersih Desa atau lebih populer di sebut "nyadranan karena nyadranan atau Bersih desa itu merupakan acara rutin turun temurun yang ditetapkan serta dipertahankan dari dahulu setiap tahunnya harus di laksanakan, hal ini penting untuk cerita sejarah anak keturunan kita supaya tau dan mengerti serta mengingat bahwa adat istiadat budaya, dan mengetahui asal usul Babad Desa setempat Tungkul Rejo ini. 


Tambah Kades karena nyadran yang terus diperingati setiap tahunnya adalah bukti  sejarah Babad Desa atau dusun sebagai penghormatan ke para leluhur kita untuk gotong royong sayuk rukun membangun desa, serta syukur kepada Allah SWT", terang, Sriyono, dalam sambutannnya

Salah satu warga masyarakat Desa tungkul Rejo Sebut saja Yanto "saat di bincangi oleh awak media Infodesanasional.id mengatakan kami selaku warga masyarakat harus bisa ikut serta pelaksanaan kegiatan nyadranan karena kegiatan nyadranan tersebut penting bagi kami orang Jawa. 

Lanjut Yanto di acara nyadranan itulah kita kumpul bersama seluruh masyarakat Desa untuk bersama sama melakukan genduri menyatakan rasa syukur kepada Alloh swt, atas segala limpahan karunianya dan kita di berikan rizki yang cukup hasil bumi yang kita tempati berupa panen dan lain nya, itu suatu nikmat yang pada hari ini bisa " Uri-uri dan di tempat biasa berkumpul di setiap tahunnya yaitu di sendang Desa Tungkul Rejo kecamatan Padas. 


Dengan berakhirnya acara Nyadran dan Bersih Dusun, masyarakat Dusun Tungkulrejo berharap agar semangat kebersihan dalam menjalankan tradisi yang diwariskan oleh leluhur tetap terjaga dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Semoga acara ini menjadi contoh yang menginspirasi komunitas lain untuk menjaga kebersihan dan mempertahankan tradisi yang berharga.

Sehabis Acara penting kegiatan nyadranan di akhiri dengan iringan Ledek, atau musik dengan gamelan jawa, sebagai cirikas dan tradisi budaya kejawen. (adi) 

Post a Comment for "Pemerintah Desa Tungkul Rejo Bersama Lapisan Masyarakat Adakan Kegiatan Bersih Desa/Nyadranan"