Diduga Adanya Mark UP Dalam Pekerjaan Pembangunan Jembatan di Desa Pedang


Musi Rawas, Info desa nasional. Id - Desa Pedang adalah salah satu Desa yang terdekat dengan Kantor Bupati di wilayah kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan kegiatan pembagunan tersebut dengan mengunakan Dana Desa, pada tahun anggaran 2023, yang lalu. Diduga kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pedang yang di kerjakan dengan kegiatan pembangunan jembatan Beton di Dusun III diduga terindikasi Mark up dalam menentukan harga satuan perkerja. 

Dari pantauan media, info Desa nasional.id saat ke lokasi kegiatan di dapati adanya bangunan infrastruktur yang mengguna kan anggaran Dana Desa di Pedang tahun anggaran 2023, di antaranya salah satu pembangunan jembatan dengan menggunakan beton. 

Dengan dugaan adanya penyimpangan dalam pengerjaan proyek jembatan beton di lingkungan dusun III Desa Pedang senilai Rp 100.000.000 dengan volume panjang 6 meter,lebar 1,5 meter persegi, Diduga harga satuan perkerjaanya permeter persegi termasuk upah tukang dan metrialnya yang tentunya jauh di atas harga satuan pekerjaan kabupaten (HSPK). 


Diduga terlalu mahal dan terindikasi adanya mark up dalam menentukan harga satuan pekerjaan. Kwalitas material sudah kelihatan berbitik bintik retak retak dan berlumut terkena air hujan seperti bangunan tidak terlihat bangunan di kerjakan TA 2023. 

Bisa jadi material tersebut di bawah standar pengadaan barang dan jasa pemerintah.Kontruksi pekerjaannya pun tidak mengunakan pengamanan kiri kanan jembatan tidak memasang pagar pengaman untuk mencegah agar penguna jalan jembatan tidak terjun bebas, sehingga untuk antisipasi rawan kecelakaan. "Asas keselamatan untuk warga penguna jembatan  beton diduga kurang di perhatikan.Apalagi terlihat dilokasi dari ujung ke ujung jembatan tanah liat yang sangat licin disaat waktu hujan.Asas keselamatanya untuk warga penguna jembatan tidak di kedepankan."

Pembangunan jembatan beton di dusun III tersebut di kerjakan dalam TA 2023 seharusnya, ada pengawasan dari pihak BPD Desah dan perangkat perangkat Desah yang terkait kegiatan tersebut,guna untuk menjamin agar tidak menyimpang dari rencana yg sudah di tentukan. 

"Diduga tidak di laksanakan pengawasan dari pihak perangkat desa BPD dan perangkat desa yang terkait dalam kegiatan tersebut seolah olah menutup mata."

Masalah ini kami mintak kepada yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan terhadap kepala Desa Pedang, beserta perangkat desah yaitu BPD dan perangkat lainya terkait kegiatan tersebut di lingkungan Desah Pedang Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Diduga terlalu mahal dan terindikasi adanya mark up dalam menentukan harga satuan perkerja. 

Sementara itu salah satu pekerja saat di bincangi awak media mengatakan kami hanya sebatas bekerja dan dalam pekerjaan kami mengikuti perintah yang megang kendalinta terangnya. 

Sampai berita ini di naikan KEKI HERLIA. S.IP selaku kepala Desa Pedang belum pernah memberikan Keterangan, suda tiga kali kekantor Desa Pedang belum pernah ketemu dan di ubungi Bakan no HP di blokir kades. Bersambung…(tim)

Post a Comment for "Diduga Adanya Mark UP Dalam Pekerjaan Pembangunan Jembatan di Desa Pedang "