Ada Apa Dengan PT. BATURONA Sehingga Di Demo oleh Lembaga SDA WATCH di Depan Kantornya


MUBA, Infodesanasional.id - Organisasi yang mengatas namakan SDM-WATCH telah menggelar aksi damai di depan kantor PT. BATURONA yang bertempat di wilayah Desa Supat Barat Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. 14/5/2024

Aksi pada hari ini termasuk aksi pertama yang di lakukan pada hari selasa 14 Mei 2024 telah di iringi oleh 50 orang masa yang di pimpin lansung oleh koordinator Aksi DENRES dan Koordinator Lapangan Vortuna Unmabsi.  

Menurut DENRES Selaku ketua Koordinator aksi saat di bincangi oleh awak media infodesanasional.id mengatakan dalam tuntutan kali ini masa kami masih terbatas, dan apa bila nanti tidak di penuhi tuntutan kami, maka kami akan kembali turun menggelar aksi dengan masa yang lebih besar lagi kata DENRES. 


Tambah DENRES dalam penyampaiannya ke awak media info desa nasional.id adapun tuntutan kami bersama masyarakat di antaranya sudah tertulis dalam naskah tuntutan aksi damai kami diantara nya. 

 1.PT. BATURONA ADIMULYA melalui sub kontraktor PT. BINA SARANA SUKSES (BSS) , kami melihat dan menemukan fakta-fakta dilapangan bahwa diduga dalam proses pelaksanaan Operasional dilapangan tidak sesuai dengan aturandan Undang-Undang pertambangan dan melanggar aspek lingkungan serta belum banyak berkontribusi dalam membangun masyarakat sekitar kawasan. 

2. Aktifitas penambangan melalui PT. BINA SARANA SUKSES (BSS) patut kami pertanyakan optimalisasi pengolahan limbah cair tambang dilokasi tambang pit 4,diduga air yang dbendung dilokasi tambang tidak ada pengolahan limbah cair,limbah cair dialirkan melalui pompa ke lokasi waduk bekas tambang sebelumnya.Temuan lapangan limbah cair tambang mengalir ke sungai cepetan dan bermuara ke sungai supat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

3. Patut di duga PT. Bina Sarana Sukses (BSS) tidak mengelola limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) dengan baik, patut kami pertanyakan terkait pengelolaanlimbah B3 seperti: Izin Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) Limbah B3, Bukti Kerjasama pengangkut (Transporter) dan Pengolah Limbah B3 serta mempertanyakan manivest pengangkut dan pengolah limbah B3. Demikian tuntutan yang kami sampaikan harapan kami agar pihak perusahaan bisa mengambil sikap serta memenuhi tuntutan kami terangnya.(Wrt)

Post a Comment for "Ada Apa Dengan PT. BATURONA Sehingga Di Demo oleh Lembaga SDA WATCH di Depan Kantornya"